Halloween party ideas 2015


Zahzih.com | okey guys, sobat atau apalah sebutannya! karena ini masih postingan pertama blog ini, jadi penulis belum menentukan panggilan khusus bagi para pembaca. Untuk postingan pertama blog ini, saya selaku penulis ingin membagi sebuah informasi yang mungkin masih asing di telinga para pembaca. 

Mari kita perhatikan sejenak gambar diatas, sekilas gambar tersebut memiliki kemiripan yang sangat mendasar, namun apakah lambang Garuda Pancasila diambil dari Lambang Kerajaan Samudra pasai? Mari kita tilik lebih lanjut asal muasal dari kedua lambang tersebut.

Untuk yang pertama penulis ingin mengulas terlebih dahulu tentang Lambang Negara Republik Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Lambang Garuda Pancasila lahir pada tanggal 11 Februari 1950. Lambang tersebut dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden pertama Ir.Soekarnoe serta penggunaannya dalam Peraturan Pemerintah No.43/1958. Untuk arti atau makna dari bagian Garuda Pancasila tersendiri, penulis sudah sangat yakin para pembaca sudah mengetahuinya.

Namun jauh sebelum Lambang Garuda Pancasila dibuat, sudah ada Lambang Kerajaan Samudra Pasai yang serupa terlebih dahulu. Lambang itu dilukis oleh Teuku Raja Muluk Attahashi, keturunan dari Panglima Turki Utsmani yang ke Aceh ketika sultan Iskandar Muda menghadapi Portugis, pimpinan dari Panglima Tujuh Attahashi. Kutipan acehmerdekapost.com.
Berhubung lambang ini tidak terlalu eksis, mari kita lihat ulasan penulis tentang arti atau makna dari lambang tersebut.

Pada bagian sayap sebelah kanan atas memiliki makna basmallah yang berakhir pada sayap sebelah kiri, kemudian terdapat juga kalimat syahadat dibagian kanan yang diakhiri dibagian ekor serta tameng rukun islam yang sangat indah di tengahnya. Dari arti atau makna lambang ini penulis bisa meninjau bahwa Islam sudah sangat kental dan mendarah daging bagi masyarakat Aceh dari dahulu, berbeda dengan arti dari lambang Garuda Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Sedangkan sejarawan LIPI Aswi Warman Adam menegaskan kalau klaim lambang Pancasila terinspirasi dari lambang Kerajaan Samudra Pasai itu ialah sebagai sebuah bentuk dalam hal menunjukkan kecintaan bangsa Indonesia. Kutipan Beritasatu.com

Menurut penulis sendiri kedua lambang tersebut sangat banyak memiliki kesamaan dari segi bentuknya, akan tetapi Apakah Lambang Garuda Pancasila diambil dari Lambang Kerajaan Samudra Pasai? Hal itu belum bisa penulis pastikan secara konkrit. Dari penjelasan penulis diatas, kami menyerahkan kepada para pembaca untuk menentukan pendapatnya masing-masing!! Silahkan komentar dikolom bawah postingan dan berikan pendapatnya ya guys!!!

Sekian penjelasan dari penulis, semoga bermanfaat dan sebelumnya terimakasih telah mampir dan membacar postingan ini, penulis sangat mengharapkan komentar dan saran yang sehat.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

Powered by Blogger.